Rabu, 01 Februari 2012

Mengapa saya menulis?

Bismillahirrahmanirrahim

Awalnya, saya berpikir bahwa ini adalah hal yang aneh untuk ditanyakan. Karena setiap orang jelas menulis karena mereka suka hal tersebut. Anyway, saya coba mengubah arah pertanyaan tersebut ke arah yang sudut pandang yang lain. Mungkin yang dimaksud adalah latar belakang menulis, sebab-sebab yang mendorong dan memotivasi untuk menulis, dan mengapa dengan menulis.

Latar Belakang Menulis
Ada yang tahu bang Raditya Dika? Well, bisa dibilang dialah dalang dari kebiasaan dan kesukaanku menulis di blog. Tapi, sebenarnya progres metamorfosisnya dari kebiasaan menulis status di friendster atau facebook. Akhirnya, karena keseringan nulis dalam bentuk status, akhirnya ada kawan yang menyarankan saya untuk menulis di blog. Saya juga terinspirasi dari guru-guru saya dalam bidang agama, yakni Ustadz Aris, Muhammad Abduh Tuasikal, dll.

Sebab-Sebab Menulis
Saya sempat berpikir, bahwa sebenarnya sebab-sebab saya berpikir adalah apa yang ada pada bagian Latar Belakang. Tapi kalau flash back lagi ke zaman SD, SMP, SMA, saya punya sebuah kebiasaan yang tidak dipunyai oleh kebanyakan orang, yaitu membaca. Begitu banyak sekali bacaan-bacaan Islam yang saya baca pada waktu itu. Sampai sekarang, saya masih suka membaca. Kalau anda memanggil saya ke suatu tempat, mungkin anda akan menemukan saya membawa buku, atau selalu terpaku pada Iphone. Kalau menggunakan Iphone, kemungkinannya ada 2, bisa jadi saya melakukannya karena saya main game, bisa jadi juga karena sedang baca. Nah, ketika kita banyak membaca, kita kadang bingung, apakah hal yang kita baca hanya akan jadi sia-sia? Nah, jawabannya adalah dengan menyalurkannya. Apalagi untuk ilmu agama, adalah kewajiban untuk menyampaikan bagi yang sudah tahu. Demi kepentingan maslahat kaum muslimin.

Kalau sebabnya karena ingin menyampaikan, mengapa harus dengan tulisan?
Karena keterbatasan saya dalam menggunakan lisan. Terus terang, saya tidak terlalu cakap dalam berbicara, atau mengolah kata-kata menjadi ucapan. Karena itu, saya ingin memecahkan barier antara diri saya dan ilmu saya, yakni dengan menggunakan tulisan untuk bisa menyalurkan apa yang kita ketahui. Dulu, saya suka banget curhat sama orang, nggak lewat chat, atau malah lewat bicara langsung. Setelah kupikir-pikir lagi, ahh, aku menghabiskan waktu orang untuk mendengarkan cerita. Well, dengan begitu saya akhirnya memutuskan untuk menulisnya di blog. Dengan begitu, saya tidak perlu merepotkan orang-orang untuk mendengarkan curhatku kayak vierra yang mesti buat lagu. Ada satu lagi hal yang membuat saya suka menggunakan blog ketimbang notes di facebook. Dengan menggunakan blog, orang bisa mendapatkan tulisan kita di google. Kalau notes? Saya gak suka membuka notes saya menjadi public, entah kenapa, mungkin salah satu sebabnya adalah banyak teman facebook saya yang berasal dari luar Indonesia, sedangkan tulisan saya tidak ada manfaatnya bagi mereka, hanya memenuhi home mereka saja.

Perjuanganku masih panjang, aku masih harus banyak belajar, hidupku masih panjang, masih banyak cerita dalam hidupku terutama pengalamanku di negeri yang penuh tantangan ini, negeri Jepang. Karena itu saya memohon kepada Allah agar diberikan keistiqamahan, dan juga kepada para pembaca agar senantiasa mendukung saya untuk membuat tulisan - tulisan bermanfaat, jika tidak mampu menulis setidaknya mengcopas dari sumber-sumber yang terpercaya. Semoga tulisan ini bisa menginspirasikan.

About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

6 comments:

meutia rahmah mengatakan...

syukran sudah berbagi motivasinya dalam menulis...ya pasti setiap orang berrbeda alasan kenpa menulis namun kita tentunya berharap semoga setiap tulisan kita bermanfaat bagi orang lain...terus lahm menulis, karena hidup harus meninggalkan jejak ya salah satunya lewat menulis..keep writing saudara ku :)

farid maricar mengatakan...

Terima kasih saudariku... :)

Insan Robbani mengatakan...

Assalamu'alaikum...
senang bisa menjejakkan kaki disini.
setuju dengan alasan yg tertulis diatas, dengan menulis berarti ada sirkulasi anata membaca dan menyampaikan, dan menyampaikan bisa dengan lisan ataupun dengan tulisan, keduanya sama baiknya tergantung dari materi yg disampaikan, jujur saya bangga dengan adikku ini yang sudah mau dan berani mensyiarkan Islam di usia yg masih muda..., semoga Allah merahmatimu.

farid maricar mengatakan...

Wa 'alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh...Terima kasih sudah mau berkunjung kesini kak...Semoga kita senantiasa diberikan keistiqamahan untuk berdakwah melalui tulisan... :)

Selvi betharia mengatakan...

yup dari sebuah tulisan kita bisa mengenal dan memahami sesuatu yang belum kita ketahui dan dari tulisan juga kt bisa memperat silahturhami... nih dr tulisan aku bisa ada dirumah maya u

salam kenal

farid maricar mengatakan...

Yup benar sekali...

Diberdayakan oleh Blogger.