Minggu, 04 Maret 2012

Tafsir Surah Al-Ikhlas Bag.3 - Tafsir Ayat 2



Allahu as-shamad

Allah adalah tempat bergantungnya segala sesuatunya.

As-Shamad berarti cukup satu saja, kapanpun kita kembali kepadaNya, Dia akan memenuhi dan menjawab segala kebutuhan dan pertanyaan diwaktu kita butuh.

1.Ketika kita menggunakan kata Shamad sebagai sebuah kata kerja, maka hal ini berarti kau meminta kepada mereka untuk meminta mereka mengerjakan sesuatu untukmu. Masmuud – adalah tempat orang-orang meminta ketika sedang membutuhkan.

2.Ketika kau menjadikan sesuatu sebagai tujuanmu, untuk mendapatkannya, untuk memenangkannya, tujuan yang sempurna. Alasan surah ini dinamakan surah Al-Ikhlas, kita sedang mencari ridha Allah.

3.Satu-satunya yang tidak membutuhkan siapapun, dan Dia selalu berada diatas mereka, tidak ada yang memiliki kekuatan lebih dariNya, atau yang berkedudukan lebih tinggi dariNya atau sifat-sifatNya.

4.Satu-satunya yang tidak memiliki kesalahan.

5.Orang-orang yang tidak dapat dikalahkan dalam peperangan, atau berbicara, atau bisnis, dll. Mereka biasanya dipanggil as-shamad.

6.Dia sangat sempurna dan sangat berkuasa. Abadi. Satu-satunya tempat orang-orang bergantung ketika membutuhkan.

7.Kata Shamad digunakan untuk kata sifat – sesuatu yang padat tanpa ada celah atau lubang atau kekosongan didalamnya.

Sesuatu yang sempurna tanpa ada cela. Ini menggambarkan bahwa nama Allah tidak memiliki kekurangan atau kekosongan, namun Allah mempunyai nama yang sempurna, nama dan sifat ini terpenuhi dengan sempurna.

Ketika seseorang dipanggil jamiil/cantik/tampan, mereka mungkin tidak cantik, karena itu sifat cantik mereka tidak terpenuhi. Akan tetapi, Allah begitu sempurna dengan nama dan sifatnya yang semuanya terpenuhi dengan sempurna, tanpa kekurangan sesuatupun dalam kesempurnaan ini.

Allah yang As-Shamad, dan Dia memenuhi peran itu dengan sempurna.

Allah adalah Kesempurnaan hanya miliknya. Ayah ini telah ditekankan dalam ayat pertama. Alasan mengapa kata-kata ini disebutkan karena para musyrikin mempercayai Allah sebagai pencipta, yang maha penyayang, tetapi mereka tidak mau mengatakan bahwa Allah adalah Esa, atau As-Shamad.

AL shamad - The AL menandakan pengkhususan, yakni satu-satunya yang paling.

Ash shamad ini berarti setiap orang membutuhkanNya dan Dia tidak membutuhkan siapapun untuk diriNya.

Imam Al biqa’i berkata : Surah Al Lahab berbicara tentang seseorang(Abu Lahab) yang menganggap dirinya tidak membutuhkan orang lain dan tidak membutuhkan siapapun, dan tidak ada seorangpun yang setara dengannya dalam hal harta dan kekayaan.
Karena itulah Allah memberitahukan kita (pada surah Al Lahab) bahwa Allah telah menghancurkannya, dengan begitu kau juga harus tahu bahwa Allah satu-satunya yang dibutuhkan oleh kita, dan Allah adalah yang paling kaya dan tidak membutuhkan apapun (Al-Ghani).

Sumber: Hasil Translate dari sebuah Kajian Bro. Nouman Ali Khan - Tafsir Surah Al-Ikhlash

About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.