Selasa, 24 April 2012

Single itu enak, setidaknya sampai akhirnya tiba waktunya untuk nikah...

Suatu ketika si A sedang berjalan dengan si B lalu tiba-tiba berkata 

A: Single itu enak, tidak perlu terikat, kalau jatuh cinta tinggal dipendam atau dibuang jauh...

B: Trus, kamu gak mau nikah?

A: Menikah itu sunnah, dan menjalankan separuh agama, kalau tahu begitu, kenapa mesti dihindari?

B: Lah, trus kenapa kamu gak pacaran? Bagaimana cara memilih jodohnya nanti?

A: Makanya di dalam islam ada istilah ta'aruf dan ada masa nazhor, yang waktunya TIDAK LAMA (soalnya banyak juga yang bilang ta'arufan tapi jangka waktunya lamaaaa banget)

B: Tapi, dalam jangka waktu yang singkat itu, mana bisa saling mencintai?

A: Pernikahan itu membangun cinta, bukan hanya mengembangkan cinta yang sudah ada. Lagipula, kalau pacaran, lalu cinta pada orang lain lagi, malah menyakiti pasangan lalu meninggalkannya kayak sampah dong.

B: Ehh, lalu kalau kamu nikah, terus misalnya kamu kurang suka pada istrimu, lalu kamu jatuh cinta pada orang lain gimana dong?

A: Orang yang menikah/jatuh cinta karena nafsu tidak akan pernah mengerti bagaimana manajemen cinta orang-orang yang terikat karena Allah. Orang yang terikat hanya karena nafsu, tidak akan selanggeng orang yang nikah karena Allah. :P

B: Tapi, bukankah belajar mencintai itu sulit?

A: Lalu, menurutmu bagaimana mungkin seorang pemuda dan pemudi bisa saling jatuh cinta? Apakah hanya karena tatapan mata pada wajah? Kalau semua orang menikah hanya karena saling mencintai karena itu, maka orang yang tidak tampan/cantik tidak akan pernah menikah. Tapi faktanya banyak juga kok orang yang wajahnya tidak tampan/cantik tapi menikah juga.

B: Iya juga sih. Kalau begitu, kenapa kau tidak segera menikah?

A: Seperti yang saya bilang diatas, single itu enak, karena pada saat kau single, problem pemikiranmu tidak akan sekompleks orang yang sudah menikah. Ketika kau menikah, kau memiliki banyak sekali tanggung jawab yang akan membuat pemikiranmu jadi rumit, mulai dari istri, anak, pekerjaan, keluargamu dan istrimu, dll. Ingatlah bahwa kelak di hari kiamat kau juga akan bertanggung jawab atas keluargamu. Well, saya menunda semua itu karena belum merasa cukup sanggup menanggung beban pikiran yang kompleks itu. Sekarang saja saya sudah pusing memikirkan kuliah, dll. Ingatlah, bunga tidak akan pernah terlihat indah sampai benar-benar mekar dengan sempurna. Begitu juga dengan pernikahan, tidak akan pernah terasa indah, jika kita lakukan dengan tergesa-gesa tanpa persiapan~...

B: Ada benarnya juga sih. Terima kasih atas sharing-sharingnya, setidaknya memberikan pandangan tentang apa saja yang harus saya lakukan sebelum menikah.



About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

2 comments:

NF mengatakan...

single itu enak, tapi lebih enak menikah

single itu permasalahannya sedikit, tapi dengan menikah hidup lebih bervariatif

single itu jalan di tempat, dengan menikah kita telah naik kelas

:)

farid maricar mengatakan...

Hmmm...

Diberdayakan oleh Blogger.