Senin, 07 Mei 2012

Nasehat di Dalam Al-Qur'an Pada Mereka yang Pesimis

Al-Qur'an adalah sebaik-baik pemberi nasehat dan pemberi jawaban. Banyak diantara kita bersikap pesimistis dan putus harapan, bahkan mungkin kita akan berpikiran bahwa kita adalah orang yang penakut, yang tersesat, yang jelek(buruk rupa), yang merasa tidak dihargai, yang merasa hina dan tidak terhormat, dan yang merasa dirinya tidak pantas diampuni, dll...

Lalu Allah jawab semua perasaan pesimistis tersebut melalui beberapa ayat berikut: 

Bagi mereka yang merasa diri mereka penakut, "Ingatlah, sesungguhnya wali-wali(kekasih/teman baik) Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (surah Yunus: 62)

Kalau anda merasa tersesat ataupun bingung, maka ingatlah ini "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." (Ad-Dhuhaa: 7)

Mungkinkah kita berkata bahwa kita jelek ketika tahu bahwa kita adalah makhluk yang paling sempurna? "sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (At-Tiin: 4)

Apakah kita butuh penghargaan dari orang lain, jika Allah sudah menjamin sebuah balasan untukmu di akhirat kelak? "Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik." (Al-Mursalaat: 44)

Orang yang merasa dirinya hina dan rendah dihadapan manusia, mungkin kita akan rendah dihadapan manusia, tapi dimata Allah, belum tentu, tergantung dari iman kita masing-masing..."Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia." (Al-Anfal: 4)

Dan bagi mereka yang merasa tidak pantas untuk diampuni. Janganlah berkecil hati. "Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih."(Huud: 90)
About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.