Kamis, 10 Mei 2012

Perjuangan pada musim panas

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, sekarang saya berada pada semester keempat dalam kuliah saya, yang berarti saya masih harus menjalani dua setengah tahun lagi insya Allah. Btw, tidak dapat kami pungkiri bahwa kami tinggal di salah satu negara kaum kuffar, yang berarti kebanyakan orang yang kami temui adalah seorang kuffar. Ada banyak sekali cobaan yang akan kami rasakan sekarang dibanding biasanya. Mengapa? Karena kita tahu bahwa selama musim panas sangat banyak syaithan berkeliaran dimana-mana(jika anda mengerti maksud saya). Atas alasan itulah kami membuat artikel ini.

Hal yang terpenting yang menjadi faktor dari segala permasalahan adalah tentang musim. Dan hal ini adalah sebuah hal yang sering kita temui  orang yang mencela masa. Sedangkan hal itu adalah hal yang haram kita lakukan. Mengapa? Rasulullah bersabda, Allah ’Azza wa Jalla berfirman,’Aku disakiti oleh anak Adam. Dia mencela waktu, padahal Aku adalah (pengatur) waktu, Akulah yang membolak-balikkan malam dan siang.” (HR. Bukhari dan Muslim). Padahal kita tidak tahu apa-apa, mungkin saja ada diantara makhluk Allah yang membutuhkan panas tersebut. Karena itu kita harus meninggalkan kebiasaan kita yang satu ini.

Yang kedua adalah masalah menundukkan pandangan. Mungkin, pada hari-hari lain, kita mampu untuk menahan pandangan kita. Namun, untuk beberapa alasan, pada saat musim panas, kita harus lebih berjuang lagi untuk hal ini. Karena banyak orang yang kita temui, baik di jalan, subway, kampus, dll tidak menggunakan pakaian yang syar'i. Pakaian syar'i dalam arti menggunakan pakaian yang menutupi bukan membungkus, untuk perbedaannya silahkan baca disini. Allah memerintahkan kita dalam Al-Qur'an dalam surah An-Nuur ayat 30-31 "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat". Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.  dst..." Dan hal ini adalah salah satu hal yang paling sulit.

Ketiga adalah tentang waktu-waktu shalat. Untuk waktu subuh, waktu subuh saat ini kurang dari pukul 4 pagi, karena itu kita harus bangun sebelum pukul 4. Dan tentu saja, hal ini adalah masalah bagi beberapa orang diantara kami yang mengidap penyakit insomnia. Bukan hanya itu, waktu maghrib biasanya lebih dari jam 7 malam, dan karena itu bagi mereka yang sedang berpuasa, mereka akan berpuasa jauh lebih panjang dari biasanya, khususnya di bulan Ramadan yang akan kami jalani pada musim panas tahun ini.

Tapi, Alhamdulillah, salah satu dari kemudahan yang Allah berikan kepada kami adalah karena Ramadan akan jatuh pada musim panas tahun ini. Tentu akan menjadi perjuangan berat bagi sebagian orang, namun kemudahan lain diberikan pada orang yang lain. Karena seperti kita tahu bahwa syaithan akan dibelenggu pada bulan Ramadan, dan pintu-pintu surga akan terbuka. Karena itulah, kita bisa berkonsentrasi untuk menyembah Allah Ta'ala pada waktu-waktu ini, karena godaan akan berkurang, dan akan mempermudah kita untuk berjuang menghadapi problem yangh saya katakan diatas, kecuali untuk orang-orang munafiq dan fajir.

Wa billahi taufiq


About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.