Senin, 10 Desember 2012

Bacalah curhatku, tentang dirinya...

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.


Mengeluh atau biasa kita sebut dengan curhat, itu terbagi keatas 2 jenis...

Yang pertama mengeluh pada Allah, dan hal ini adalah mengeluh yang masih masuk dalam kategori sabar. Sebagaimana di praktekkan oleh nabi Yakub dalam doanya, "Yakub menjawab: "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku"(Yusuf ayat 86)".

Adapun yang kedua adalah mengeluh kepada sesama manusia, secara langsung dan tidak langsung, baik dengan kata2 ataupun dengan respon dari wajah dan perbuatan kita, maka hal ini tidak termasuk ke dalam kategori orang "Sabar". Kami bahkan pernah dinasehati seseorang, bahwa dengan mencari pendamping hidup itulah, kita dapat meringankan beban-beban kita. Tapi, sebenarnya itu adalah salah satu hal yang menghilangkan "kesabaran" dalam diri kita. Akhirnya kita bergantung pada pendamping hidup kita itu. Bukan curhat pada Allah. Rasulullah sendiri berdoa kepada Allah setiap hari, bukan hanya Rasulullah sebenarnya, tapi kita semua juga ikut melakukannya. Jika kita benar-benar paham, maka paling kurang dalam sehari semalam kita meminta dan curhat pada Allah sebanyak 17 kali tanpa kita sadari. Dan doa itu terdapat pada suratul Fatihah ayat 5*.

Sahabat dan Sahabiah muslim, hal yang buruk dari memberitahukan rahasia kita adalah karena manusia tidak ada yang bisa dipercaya. Ya, terkadang manusia bermuka dua, bisa jadi dia akan menjadi temanmu saat ini, bisa jadi dia akan menjadi musuhmu di masa depan, karena itulah penting bagi kita untuk memilih teman, apalagi teman curhat. Pastikanlah kita hanya bercerita saat kita meminta nasehat dan hanya kepada orang-orang shaleh yang bisa dipercaya.

Melenceng daripada topik sabar diatas, ada sebuah penyakit yang kadang menimpa kita para remaja. Yaitu selalu sibuk mencari pendamping hidup, bagus bila yang dicari itu untuk dinikahi, tapi kalau dipacari, supaya ada teman curhat dll, ada baiknya jika kita pikir-pikir lagi. Karena hal itu adalah mendekati zina. Padahal dalam Qur'an sudah jelas larangan untuk mendekati zina**. Mereka sibuk mencari pasangan hidup yang terbaik buat mereka, mereka memilih dan memilah, tapi lupa memikirkan dan introspeksi serta bercermin tentang diri mereka. Karena itulah, sebagai pemuda kita harus mencoba tidak menyibukkan dengan mencari pendamping hidup yang sempurna, namun menyibukkan diri kita agar bisa menjadi pendamping yang sempurna bagi pendamping hidupmu kelak. Karena pendamping hidupmu kelak, tergantung dari bagaimana usahamu untuk menjadikan dirimu, Jika kau baik maka kau akan mendapatkan pendamping hidup yang baik, begitu pula dengan sebaliknya***. Dan jika kau mendapatkan yang sesuai dengan apa yang kamu ingini, maka bersyukurlah agar kau mendapat berkah dan ditambahkan rezekimu****. Namun jika kamu tidak mendapatkan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka hendaklah kamu bersabar dan berhudznuzon, karena Allah selalu menyiapkan yang terbaik bagimu*****.

Selain itu, jika tidak memiliki 'pacar'(teman zina), maka hal terdekat yang membuat kita terjerumus adalah 'teman lawan jenis'. Hanya sekedar teman, tapi lawan jenis. Dan hal ini adalah hal yang harus dijaga adabnya. Karena pertemanan dengan lawan jenis kadang menjerumuskan kedalam hal-hal yang lebih buruk. Ingatlah pepatah, ala bisa karena biasa. Tidak jarang kita melihat orang yang tadinya hanya berteman, lalu setelah itu mereka pacaran, Naudzubillahi min dzalik.

Untuk mengenai judul diatas, kami tidak bermaksud untuk curhat tentang siapa-siapa. Hanya sekedar judul yang menambah daya tarik tulisan. 

Wabillahi taufiq wal hidayah


Catatan kaki:

*Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan (Al Fatihah ayat 5)
**Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.(Al Israa ayat 32)
***Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanitayang baik (pula).(An Nuur ayat 26)
**** Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(Surah Ibrahim ayat 7).
*****Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(Al Baqarah ayat 216)

About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.