Senin, 27 Februari 2012

I Can't Speak English

Bismillahirrahmanirrahim,

Kali ini, saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya tentang bahasa Inggris. Tentang masalah apa saja yang pernah saya alami karena ketidak mampuan berbahasa Inggris, juga tentang bagaimana saya memulai untuk belajar, bagaimana beradaptasi dengan kondisi disini, dll.

Jujur saja, saya tidak bisa berbicara bahasa Inggris sama sekali waktu saya datang ke Jepang. Apakah ini sebuah masalah? Jelas saja. Bagaimana tidak, namanya juga ingin kuliah di luar negeri, otomatis bisa berbahasa Inggris, itu sudah paling minim. Maksimalnya yah harus bisa berbahasa dengan bahasa para penduduk lokal.

Well, nganggur setahun di rumah waktu itu tidak membuatku memanfaatkan waktu untuk les bahasa Inggris. Tapi, saya malah menghabiskan waktu untuk bermain game atau nonton anime. Waktu saya memang sia-sia. Tapi waktu tidak bisa diulang lagi, karena itu hanya bisa dijadikan sebagai pelajaran berharga buat saya.

Alhamdulillah, selama berada di Jepang, internet gratis memudahkan saya untuk menonton video. Karena itu, saya mencoba menonton anime-anime Jepang dengan menggunakan teks bahasa Inggris. Memang tidak terlihat seperti sedang belajar bahasa Inggris, tapi setidaknya hal itu menambah kemampuanku berbahasa Inggris. Saya ingat waktu SMA dulu, saya suka sekali mencari guide/walkthrough game di Internet, jelas lebih murah daripada harus membeli bukunya. Setidaknya hal-hal itu menambah kemampuan readingku.

Beberapa bulan berikutnya, saya harus ikut wawancara untuk masuk ke Kyushu University, ini jelas sebuah beban untuk saya. Karena, sebelumnya saya jarang sekali untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, Alhamdulillah, saya mampu melalui ujian wawancara tersebut dan diterima di Kyushu University.

Nah, ada beberapa masalah ketika saya tiba di bandara di Singapur. Ketika saya mau keluar dari bandara, dan ditanya mau kemana, saya ditanya oleh petugas bandara, dan tidak bisa menjawab sama sekali, karena keterbatasan saya dalam berbahasa. Spontan pegawai bandara tersebut terlihat marah karena banyak orang yang antri di belakang saya.

Waktu pertama kali saya bertemu dengan teman-teman kuliah, saya agak minder karena hal tersebut. Namun, Alhamdulillah, ternyata ada beberapa orang-orang lain yang memiliki masalah yang sama dengan saya. Tapi, mereka lebih mengerti bahasa Inggris daripada saya. Karena itu, setiap saya berkenalan dengan mereka, saya menjelaskan keterbatasan saya dalam berbahasa Inggris. Alhamdulillah mereka mengerti, dan berbicara dengan pelan. Well, kebanyakan dari kami memang bukan dari negara dimana bahasa Inggris adalah sebuah kewajiban. Karena itu, masih ada beberapa dari kami yang tidak mampu berbicara dengan sempurna.

Salah satu masalah adalah ketika kami harus latihan presentasi. Coba bayangkan, anda disuruh berbicara selama 10 menit didepan beberapa orang, dalam keadaan tidak lancar dalam berbahasa dan dalam keadaan minder. Karena itu, saya sarankan, bagi anda yang tidak lancar dalam berbahasa, janganlah minder, karena jika anda juga minder, maka anda akan punya dua kekurangan disini. Singkatnya, PD aja lagi. Dan salah satu presentasi yang paling sulit saya alami ketika saya harus presentasi didepan beberapa orang professor dan para senior saya.

Alhamdulillah, di semester dua, saya mendapatkan pencerahan dan motivasi untuk belajar bahasa Inggris secara sempurna. Awalnya, karena iseng, saya mencari-cari di youtube video tentang Islam. Lalu saya terpana pada sebuah topik, "Facebook can make you face hell". Entah mengapa, setelah itu saya malah jadi ketagihan untuk mendengarkan kajian-kajian dari Bro. Abu Mussab. Dan ada hal lain yang memotivasi saya untuk belajar berbahasa Inggris. Ya, untuk persiapan dakwah, itulah kesimpulannya. Waktu itu, brother Abu Mussab berkata, "Jika kau mampu belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan gajimu, karena di beberapa tempat , jika kita memliki kemampuan lebih, maka kita akan mendapatkan gaji yang lebih besar, mengapa kau tidak memaksimalkan untuk dakwah". Tersentak, saya jadi ingin belajar bahasa inggris dengan benar. Dan lalu beliau sambung dengan kata-kata ini, "Kalau mampu belajar bahasa inggris untuk meningkatkan gaji, mengapa kita tidak termotivasi untuk belajar bahasa Arab, demi akhirat kita?"

Alhamdulillah, sekarang saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan lumayan lancar. Namun kadang masih terbata-bata, karena memang keterbatasan saya dalam berbicara. Karena pada intinya, saya memang lebih suka menulis daripada berbicara. Tapi, ada satu hal yang pasti, bahwa untuk keberhasilan, dibutuhkan tekad yang kuat, motivasi karena Allah, dan proses yang lama untuk mendapatkan sesuatu. Karena itu, janganlah menyerah di awal karena merasa tidak mampu.

Terakhir, Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.(Al-Ashr)
Read More

Sabtu, 25 Februari 2012

Islam - Satu-satunya Jalan menuju surga

Mengapa Islam dikatakan sebagai satu-satunya agama yang benar?Agama islam sudah ada sejak jaman nabi adam, bukan seperti agama lainnya yang terlahir dari teori dan pemikiran manusia. Bahkan nasrani dan yahudi adalah agama yang sebenarnya tidak ada, karena Musa Alaihissalam dan Isa Alaihissalam mengajarkan islam, padahal dalam injil tidak ada kata kristen dan dalam taurat tidak ada kata yahudi. Jadi agama kristen dan yahudi itu hanya dibuat-buat oleh orang lain. Tapi beda dengan Islam, di dalam Al-Qur'an disebutkan tentang islam dan kebenarannya.

Jika mereka yang beragama yahudi dan nasrani merasa benar, coba tanyakan mereka, bagaimana dengan nasib mereka yang hidup sebelum lahirnya nabi Musa Alaihissalam dan Isa Alaihissalam. Kalau mereka masuk surga, gak adil dong karena mereka gak perlu dites. Kalau mereka masuk neraka, juga gak adil karena mereka tidak ada kesempatan untuk berbuat baik agar masuk surga. Begitu pula dengan orang buddha,hindu,shinto,dll. Bukankah tidak adil bila orang-orang yang hidup sebelum agama tersebut lahir tidak dihisab, ini adalah sebuah omong kosong. Dan disinilah letak kesalahan agama lain, karena agama mereka terikat oleh teritorial waktu. Agama mereka tidak lahir sebelum datangnya sang tokoh yang menyebarkan.Kedua, mereka terikat oleh teritorial 'nama orang' dan tempat. Sebagai contoh, Hindu, yang berasal dari kata hindi yang berarti India, atau simplenya agama tersebut berasal dari India. Sama seperti buddha, tentang seseorang yang ada dizaman dahulu yang bernama buddha, karena itu buddha juga menggunakan nama yang mengajarkannya. Judaism(Yahudi) berasal dari kata Juda yang juga berasal dari salah satu nama anak dari Nabi Israel(Yakub) yang kalau saya tidak salah merupakan kakek moyang nabi Musa Alaihissalam. Kristen, berasal dari kata christ, yang merupakan kata ganti pada Jesus, Nabi Isa Alaihissalam, padahal pada zaman itu, para pengikut nabi Isa tidak ada yang menggunakan kata Kristen, dan juga kata christ tidak dapat ditemukan di bible.

Jadi jangan pernah percaya pada obrolan orang yang menganggap semua agama sama, dan setiap orang punya kesempatan masuk surga, itu hanyalah omong kosong. Karena itulah, mari tuntun mereka dari kesesatan yang nyata. Banyak yang mengira saya menghina agama lain,rasis,dll. Tapi ketahuilah, bahwa saya tidak menghina, hanya memberikan kebenaran tentang hal itu. Terkadang orang salah kaprah, mengira arti dari Laa ilaaha Illallah itu tiada tuhan selain Allah. Dan ini bisa menimbulkan kontroversi dalam makna kalimat tersebut. Bila tiada tuhan selain Allah, bisa saja apa yang disembah oleh agama lain adalah Allah, namun dengan cara yang berbeda.Itu jelas salah. Karena itu, arti dari kata 'Laa Ilaaha Illallah' adalah tiada yang berhak disembah kecuali Allah. Kalau masalah nyembah Allah, orang kafir Quraisy juga nyembah Allah, tapi mereka maunya menduakan Allah dengan patung. Jadi kata Laa Ilaaha Illallah yang benar berarti tiada yang lain yang pantas disembah kecuali Allah.

Ada satu hal yang membuat Islam itu beda dibanding agama lain. Dalam bahasa Arab, kita lebih mengenal istilah diin. Diin dalam bahasa arab bukan hanya berarti agama, melainkan berarti agama yang disertai cara dan gaya hidup/complete way of life. Tidak seperti kristen atau hindu, itu adalah agama dan mempunyai ritual, tapi mereka tidak punya sistem atau gaya hidup, atau seperti komunisme, yang mempunyai sistem, tapi bukan agama atau ritual. Jadi inilah yang membedakan Islam dengan agama yang lain. Islam adalah agama yang sempurna yang mencangkup masalah ritual dan masalah sistem hidup, bukan seperti agama lain yang tidak mencangkup masalah sistem hidup dan seperti sistem lain yang tidak mencangkup masalah ritual.


Syarat - Syarat Tuhan sebagai Pencipta dan Yang patut disembah
Sempat sedikit belajar tentang Buddha dan shinto dari pelajaran sejarah di kampus. Apa yang kuyakini adalah, buddha bukanlah suatu agama, tapi sebuah ajaran. Terlepas daripada itu,dalam hati aku bertanya~, Apakah syarat yang mutlak ada pada Tuhan itu? Dari pertanyaan itu timbullah teori-teori yang dipertanyakan untuk mengemukakan syarat Tuhan tersebut. Setelah mendengar suatu kajian dari Ustadz Arifin Ilham, ada 4 teori-teori yang dia kemukakan dalam kajian tersebut:

Pertama, Teori Relativitas dari Einstein. Teori ini menganggap bahwa segala sesuatu adalah relatif dan terbatas jika masih berada dalam empat dimensi, yaitu ruang, waktu, daya dan guna. Selama segala sesuatu iu masih terbatas oleh empat dimensi ini maka selama itu puladisebut alam raya sebagai wujud ciptaan Tuhan. Karena Tuhan di luar empat dimensi tersebutdiatas maka berarti sifat Tuhan yang pertama adalah “mutlak tak terbatas”.
Teori Relativitas ini menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas seperti : dimana, kapan,bagaimana dan siapa yang menciptakan Tuhan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut masihterbatas pada ruang dan waktu. Teori Relativitas sebenarnya menyatakan Tuhan adalahMutlak, tidak terbatas pada ruang, waktu, wujud dan guna. Hanya alam semestalah yangterbatas dan bersifat semu dan relatif.

Teori kedua adalah Teori Non Otomatik. Teori ini menyatakan bahwa segala sesuatu di mukabumi ini tidak ada yang otomatis, atau terjadi dengan sendirinya. Sebagai contoh disetiappertunjukkan wayang pasti akan ada sang dalang yang menggerakan wayang-wayang, dibaliksebuah film pasti akan ada sutradara, dibalik ciptaan pasti ada pencipta. Secara gamblangTeori Non Otomatik ini menjelaskan bahwa alam raya ini ada yang menciptakan. ItulahTuhan sebagai penciptanya. Maka dengan mudah teori ini menggugurkan teori atheis yang mengatakan bahwa Tuhan itu tidak ada.

Teori ketiga adalah Teori The Most, secara harfiah teori ini menyatakan tentang adanya “Dzatyang Maha’, ‘Dzat yang Paling’(diatas segala-galanya). Hanya satu (the only one), satu dalam artian Tuhan itu hanya satu, tidak ada dua, tidak tiga, apalagi multi Tuhan. Satu dalam arti kebenaran. Yang benar itu hanya satu, semuanya salah. Pasti ada satu kebenaran yangobjektif diantara kebenaran yang subjektif. Pasti ada agama diantara gama-gama yang ada.

Selanjutnya yang keempat, Teori Super Nature Power. Teori ini secara jelas menyatakan bahwa ada kekuatan super dahsyat dibalik alam, yakni kekuatan metafisik yang luar biasa.Contoh yang sangat sederhana adalah Ruh dalam tubuh kita. Ruh adalah bion yang hidup,dan justru jasad ini merupakan bion yang mati. Sebagai perbandingan adalah mayat. Diabermata, bertelinga, berhidung, berkaki, tetapi tidak berbuat apa-apa hanya terbujur kaku karena ruh-nya sudah tidak ada. Dapat disimpulkan bahwa ruh adalah bion yang hidup.

Dari semua teori tersebut, silahkan anda cari kitab yang dianggap suci oleh umatnya. Jikakitab tersebut mengandung empat teori ini, maka berarti kitab tersebut benar-benar suci.Professor Lurth ahli filsafat dari Rusia, ia mencari kebenaran tentang Tuhan melalui 12agama. Ia masuk keagama yang satu, dan secara berturut-turut masuk agama yang lain.Akhirnya dia berhenti di agama yang kedua belas. Agama yang kedua belas adalah agamaIslam. Agama Islam agama yang paling ia benci. Ia memeluk agama Islam hingga tutup hayatnya.
Kita kembali ke konteks awal tentang kesucian kitab suci. Al-Qur’anul Karim menjawab secara gamblang dan sempurna problem-problem kehidupan & bukti-bukti ilmiah yang paling mutakhir.

Teori yang pertama tentang Teori Relativitas, teori ini mengatakan bahwa Tuhan itu mutlak,alam raya ini terbatas. Teori ini dijawab dalam sebuah surah yang sangat pendek dan padat.Tetapi memiliki bobot tauhid yang sangat luar biasa. Surat itu adalah Surat Al-Ikhlas ataulebih populer dengan Surat Qulhu. Teori Relativitas dijawab dengan jelas dalam Surat Al-Ikhlas ayat 3-4 yang artinya kurang lebih :
”Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (QS. Al-Ikhlas : 3-4).
Allah SWT juga bersifat mukhalafatu lil hawaditsi (tidak ada satu mahlukpun yangmenyerupainy). Dan ditegaskan dalam Al-Qur’an, Surat Ar-Rahman ayat 26-27, yang artinya kurang lebih :
“Semua yang ada dibumi akan binasa (fana). Dan ysng tetap kekal adalah Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan”. (QS. Ar-Rahman, 26-27)
Maksud dari ayat diatas dapat diartikan bahwa manusia itu terbatas, alam semesta punterbatas. Hanya Allah SWT yang mutlak. Allah SWT ada sebelum kata ada itu sendiri ada. Allah SWT akan tetap ada walaupun kata ada itu sudah tidak ada.

Teori yang kedua yaitu Teori Non Otomatik, teori menyatakan bahwa di muka bumi tidakada yang otomatis. Masih ingat cerita tentang pencarian Tuhan Nabi Ibrahim? Allah SWTmengabadikan kisah Nabi Ibrahim A-An’am ayat 75 sampai 79.
Nabi Ibrahim ketika melihat bintang-bintang berkata :’ini Tuhanku’, tetapi ternyatamenjelang subuh bintang-bintang yang berkelip itu menghilang tenggelam.Kemudian NabiIbrahim berkata :’aku tidak suka Tuhan-tuhan yang terbatas dan tenggelam’. Kemudian NabiIbrahim melihat bulan, kemudian ia berkata : ‘ini Tuhanku’, ternyata menjelang subuh bulanitu pun tenggelam. Kemudian ketika siang menjelang ia melihat Matahari dan berkata :’iniTuhanku, ini lebih besar’, tetapi ternyata yang dianggap lebih besarpun menjelang magribtetap tenggelam. Kemudian nabi Ibrahim pun diberi petunjuk dan menemukan Tuhan yanghakiki, yang menciptakan langit dan bumi serta segala sesuatu yang ada didalamnya. Kita bisa mengambil pelajaran dari kisah Ibrahim ini bahwa segala yang ada di langit dan di bumiitu tidak terjadi sendirinya, tapi ada yang menciptakan yaitu Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

Teori yang ketiga adalah teori The Most. Teori ini menyatakan bahwa Tuhan itu hanya satu.Ini Allah SWT, jawab dalam surah Al-Ikhlas ayat 1, artinya kurang lebih :”katakanlah bahwa Allah itu ahad (esa)”. Makna ahad itu berbeda dengan satu. Mengapa? Sebab satu ituberbilang, berjumlah, berkali dan berbagi seperti : 2:2 = satu, 2-1= satu, 1×1 = satu.Sementara Allah tidak berbilang, tidak berkali, tidak berbagi, tetapiahad. Ahad adalah esa atau tunggal. Kemudian satu dalam artian kebenaran. Yang benar hanya satu, yang lain salah.Ini pun dijawab dalam Al-Qur’an surat Al-Fath : 28. yang artinya :
“Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk (hidayah) dan agama yangbenar (haq) agar dimenangkan-nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagaisaksi”.(QS. Al-Fath : 28).
Profesor Lurth berkata :’bila engkau berfikir sungguh-sungguh, niscaya ilmumu akan memaksamu untuk mencari Tuhan’.

Teori yang terakhir adalah Teori Super Nature Power yang berkaitan dengan Ruh. Allah menjawab dengan indah dalam Al-Quran Surah Al-Isra’ ayat 85. yang artinya :
“Dan mereka bertanya kepadamu tentang Ruh. Katakanlah : ‘Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan kamu tidak diberi pengetahuan melainkan sedikit”.(QS. Al-Isra’ : 85).
Dari semua uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Al-Qur’an dapat menjawab semua teori-teori tentang syarat kebenaran suatu ajaran (agama).

" Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk (hidayah) dan agama yang benar (haq) agar dimenangkan-nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi”.(QS. Al-Fath : 28).
Read More

Jumat, 24 Februari 2012

Tafsir Surah Al-Ikhlas Bag.1

Bismillahirrahmanirrahim~...

Akhir-akhir ini saya udah jarang nulis nih. Alhamdulillah, akhirnya Allah memberikan kesempatan dan keinginan buat nulis lagi. Hari ini saya ingin membuat catatan tentang Tafsir Surah Al - Ikhlas yang saya dapatkan dari kajian Bro. Nouman Ali Khan. Beliau ini sangat luar biasa, beliau membuat kajian tafsir setelah membaca banyak tafsir sebelumnya, jadi pandangan dalam kajian beliau tidak hanya pada tafsir itu-itu saja. Dan kali ini, saya ingin menjelaskan tentang surah Al-Ikhlas.

Ada beberapa catatan penting yang perlu digaris bawahi:

Yang pertama: Hubungan Surah Al-Lahab dan Al-Ikhlas

-Style yang hampir sama(saj'), yang maksudnya surah tersebut menggunakan pola yang sama, yakni dari awal hingga akhir surah menggunakan akhiran yang sama...

Pada kasus Surah Al-Lahab, menggunakan akhiran -ab-. Pada kasus Surah Al-Ikhlas, menggunakan akhiran -ad-. *Tolong dikoreksi jika salah.

-Allah mencoba mengalihkan perhatian Rasulullah dari masalah Abu Lahab.

Abu Lahab adalah salah satu pengganggu utama Rasulullah dalam dakwahnya. Kalau ada orang yang paling menganggu Rasulullah, itulah Abu Lahab, tidak heran mengingat Abu Lahab tinggal di tempat yang bersebelahan dengan Rasulullah. Namun, Allah sendiri berjanji bahwa Allah akan mengurusi masalah Abu Lahab, karena itu, Allah memperintahkan Rasulullah untuk fokus ke masalah yang paling penting, yakni masalah Tauhid. Kadang, setelah perang atau agenda yang melelahkan, kita justru lupa apa tujuan utama dari kita melakukan hal tersebut. Karena itu, Allah ingin kembali mengingatkan hal penting ini, yakni mengajarkan masalah Tauhid.

Yang kedua: Surah yang berpasang-pasangan

Pada umumnya, Allah menurunkan surah secara berpasang-pasangan dan menentukan pasang-pasang masing-masing surah dan saling berdampingan. Misalnya, Surah Al-A'la dan Surah Al-Ghasiyyah atau Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas. Nah, untuk surah Al-Ikhlas, mempunyai hubungan dengan surah Al-Kafirun. Dan salah satu sunnah Rasulullah untuk membaca Surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas saat umrah dan haji.

Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan maqom Ibrahim antara dirinya dan Ka’bah, lalu beliau laksanakan shalat dua raka’at. Dalam dua raka’at tersebut, beliau membaca Qulhuwallahu ahad (surat Al Ikhlas) dan Qul yaa-ayyuhal kaafirun (surat Al Kafirun). Dalam riwayat yang lain dikatakan, beliau membaca Qul yaa-ayyuhal kaafirun (surat Al Kafirun) dan Qulhuwallahu ahad (surat Al Ikhlas).” (Disebutkan oleh Syaikh Al Albani dalam Hajjatun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, hal. 56)

Lalu, dimanakah hubungan kedua surah ini ?

1- Pada bagian akhir surah Kafirun, dijelaskan tentang orang kafir yang telah jelas agamanya, dan Rasulullah juga telah jelas agamanya. Yakni jelas perbedaan antara kedua agama tersebut, tidak dapat ditoleransi lagi. Walaupun sebenarnya mereka bersembahyang di tempat yang sama (Ka'bah). Walaupun mereka juga sebenarnya meyakini Allah-lah yang menciptakan segalanya dan yakin diri anda, bahwa sebenarnya ketika mereka ditanya "Siapa pencipta langit dan bumi?", mereka akan menjawab "Allah".(Silahkan buka Surah Luqman(31) ayat 25 disertai dengan tafsirnya, namun jika dihubungkan dengan beberapa ayat sebelumnya Insya Allah bisa dimengerti). Dengan begitu, sebenarnya agama mereka(Kaum Quraisy) dengan kita itu sebenarnya hampir sama, tapi dengan adanya Surah Al - Kafirun, menjelaskan bahwa Tuhan kita dan mereka itu berbeda. Dengan begitu, Allah menjelaskan kemenangan keyakinan Rasulullah pada surat berikutnya, dan kehancuran agama Abu Lahab pada dua surat sesudahnya.

2- Surah Al-Kafirun dimulai dengan kata "Qul!!!" dan begitu pula dengan surah Al-Ikhlas yang dimulai dengan kata "Qul!!!". Kedua surah diantaranya tidak mempunyai kata Qul, dan menggambarkan bahwa kedua surah ini(Al-Ikhlas dan Al-Kafirun) memiliki hubungan erat.

3- Para Sahabat Rasulullah suka memberikan nama panggilan untuk surah yang mereka suka, dan mereka akan sering membacanya. Contohnya, mereka memberikan istilah pada Surah Al-Ikhlas lebih dari 20 istilah.

Mari kita coba membahas beberapa dari istilah tersebut:

1.Al-Mukasykisy yang berarti yang mengobati penyakit. dan ternyata, gelar ini juga digunakan untuk surah Al-Kafirun. Karena keduanya adalah surah yang mencegah kesyirikan(Menduakan Allah).

Nama lain yang bisa diberikan pada surah Al-Ikhlas yang lain :

2.At-Tafriid, Fard(Individual) - Surah yang menggambarkan bahwa Allah itu unik, dan tak satupun yang sama dengannya.

3.At-Tajriid - Surah yang menghilangkan segala kesalah pahaman tentang Allah

4.At-Tauhid - Surah yang menggambarkan kesatuan atau menyatukan semua sifat Allah. Allah adalah Esa

5.Al-Ma'rifah - Mengartikan, mengetahui, dan mengerti dan menjadi akrab dengan sesuatu. Jadi, jika kita tidak tahu tentang (makna) surah ini, maka kita belum bisa mengenal Allah.

6.As-Samad - Kata ini (Shamad dalam ejaan Indonesia) hanya ada di Surah tersebut(Al-Ikhlas).

7.Al-Assaas - Pokok/Utama. Mengapa dianggap utama? Karena inti dari ajaran Rasulullah adalah tentang Tauhid, yakni pengesaan Allah sebagai sembahan.

Sekian dulu, dari saya, jika ada yang kurang mohon di tambahkan, dan karena keterbatasan waktu, Insya Allah, akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya,. Wassalamu 'alaikum.

Sumber : Dari Kajian Bro. Nouman Ali Khan

Read More

Jumat, 10 Februari 2012

Orang Tua

Bismillahirrahmanirrahim~...

Kadang saya merasa sangat sulit buat nulis tema yang satu ini. Mengapa? Karena rasanya selalu pengen nangis. Saya belum mampu berbuat yang terbaik untuk mereka. Disuruh bersihin kamar saja kadang ngeluh. Atau yang lebih simpel, disuruh ngurusin sampah di rumah aja kadang masih ngeluh.

Padahal, saya juga tahu bahwa di Al-Qur'an sangat banyak ayat yang menyatakan kewajiban untuk berbakti pada orang tua. Salah satunya adalah ayat berikut, “Dan Kami perintahkan kepada manusia kepada dua orang ibu-bapanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.” (QS. Lukman: 14).

Bahkan walaupun jika mereka masih tergolong kafir, kita tetap diwajibkan untuk berbakti kepada mereka, sebagaimana tertera dalam ayat berikutnya, “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergauilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Lukman: 15)

Anyway, kemarin sempat nonton cerita tentang Naruto, dimana dia harus berpisah dari orang tuanya, karena kedua orang tuanya harus mengorbankan diri untuk menyegel kyuubi. Waaah, saya bener-bener nangis waktu nonton. Coba kalian bayangkan, kedua orang tua kalian mengorbankan nyawa mereka untuk kalian, lalu kalian harus tinggal sebatang kara tanpa keluarga. Coba bayangkan bagaimana rasanya? Karena itu bagi yang masih punya orang tua, berbakti dan sayangilah semaksimal mungkin, ketahuilah tidak semua anak punya kesempatan yang sama seperti kalian.

Orang tua zaman sekarang sudah berubah. Banyak dari mereka sudah tidak peduli pada anaknya. Mereka hanya bisa beri duit. Memangnya duit bisa apa pada anak, anak itu butuh kasih sayang, bukan duit. Jangan heran kalau kalian nemu anak nakal tapi kaya. Itu sebenarnya adalah anak-anak salah gaul, karena orang tua mereka yang terlalu perhatian berlebihan pada pekerjaan tapi tidak pada anaknya.

Kalau ada orang ngomong Jihad itu pasti perang, saya bilang itu salah. Kalau ada orang yang sok-sokan bilang begitu, suruh dia buat belajar bahasa arab lagi. Dalam salah satu hadits, Dari Muawiyah bin Jahimah dari bapaknya radhiyallahu ‘anhu, aku menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bermusyawarah dengan beliau tentang jihad di jalan Allah. Nabi bertanya, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” “Ya,” kataku. Nabi pun bersabda, “Selalulah engkau berada di dekat keduanya. Karena sesungguhnya surga berada di bawah kaki keduanya.” (HR. Thabrani, al-Mundziri mengatakan sanadnya jayyid)

Akhir kata, ada banyak keutamaan-keutamaan berbakti pada orang tua. Semoga kita bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya. Dan semoga Allah mengampuni dosa kita dan dosa-dosa orang tua kita. Allah ta’ala berfirman: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah . Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa, ‘Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai, berilah kebaikan kepadaku dengan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’. Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.” (QS al-Ahqaf: 15-16)
Read More

Kamis, 09 Februari 2012

Sejarah Valentine~...



Coklat dimana-mana. Orang-orang pada ramai ngomongin valentine~...Yang parahnya, kalau gak punya pacar waktu itu, mereka nyari cewek manapun (buat cowok) atau cowok manapun (buat cewek), yang penting ada pasangan di hari valentine. Huaaa...Jijik tau gak gua ngeliatnya. Kalian enak bisa bermesra-mesraan. Gue bisa apa???Tidak ada toleransi dalam berasmara~...Tapi, walaupun saya fakir asmara, tapi bukan pengemis cinta. Oh iya, buat toko bunga, adalah hari yang paling menguntungkan bagi mereka saat hari ini, karena di hari itu paling banyak yang membeli bunga dibanding hari lainnya, siapa sih yang butuh bunga? Paling juga rumah sakit. Banyak orang yang jadi pendukungnya, lewat facebook lah, twitter lah, dll. Padahal hari ini adalah hari dimana banyak orang yang melakukan zina, melupakan Allah. Mereka tidak tahu bahwa zina itu sangat berbahaya, ketahuilah, ada fatwa dari mayoritas ulama yang menyatakan ketika ada yang menyuruh kita untuk menyatakan kekufuran dengan ancaman pistol di kepala kita, kita diizinkan. Sedangkan untuk zina, kita tidak diizinkan dan kita lebih baik mati daripada melakukan hal itu. Anyway, ada yang tahu sejarah valentine? Jika anda tidak tahu sejarahnya, lebih baik dibaca dulu...

Pertama,

A day on which lovers traditionally exchange affectionate messages and gift. It is ovserved on February 14, the date on which Saint Valentine was matyred. (The Encyclopedia Americana, volume XXVII, hal 860)

“Sebuah hari dimana orang-orang yang sedang dilanda cinta secara tradisi saling mengirimkan pesan-pesan cinta dan hadiah-hadiah. Hari itu diperingati pada tanggal 14 Februari, suatu hari di mana St. Valentine mengalami martir.”

Kedua,

The date on the modern celebration, February 14, is believed to derive in the execution of a Christian martyr, St. Valentine, on February 14, 270. (The Encyclopedia Americana, volume XIII, hal. 464)

“Tanggal 14 Februari adalah perayaan modern yang diyakini berasal dari hari dihukum matinya seorang martir Kristen yaitu St. Valentine pada tanggal 14 Februari 270 M.”

Ketiga,

Valentine, St. priest and physician of Rome who suffered martydorn probably during the persecution under Claudius II in 269. his feast is on 14 Feb. The custom of sending valentines probably had its origin in a heathen practice connected with the worship of Juno Februalis at the Lupercalia(*) or perhaps in the mediaval belief the birds commenced to mate onf 14 Feb. (Everyman’s Encyclopedia, volume XII, hal 388).

“St. Valentine adalah seorang pendeta dan tabib dari Roma yang (dianggap) martir sewaktu kaisar Claudius II pada tahun 269 M. Peringatan tersebut pada tanggal 14 Febuari. Kebiasaan dengan mengirim valentine-valentine berasal dari upacara penyembahan berhala yang dikaitkan dengan peribadatan Juno Februarlis di goa Lupercal, atau (bisa jadi) pendapat bahwa burung-burung kwain pada tanggal 14 Februari.”

(*) Lupercalia merupakan upacara keagamaan (ritual) yang dilakukan oleh orang-orang Romawi kuno yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyembah dewa Lupercus, yang oleh mereka dianggap sebagai dewa kesuburan, dewa padang rumput dan pelindung ternak. Sebagai suatu upacara ritual kesuburan, Lupercalia juga dihubungkan dengan penghormatan dan penyembahan kepada dewa Faunus sebagai dewa alam dan pemberi wahyu. Upacara atau festival tersebut dipimpin dan diawasi oleh suatu badan kegamaan yang disebut Luperci dan para pendetanya disebut Luperci.

Setiap upacara Lupercalia dimulai dengan mengorbankan beberapa ekor kambing dan seekor anjing yang dipimpin oleh para Luperci. Upacara tersebut dilakukan di dalam sebuah gua bernama Lupercal, berada di bukit Palatine, yang merupakan salah satu bukit di kota Roma. Setelah itu dua orang Luperci (dalam sumber lain dua orang pemuda) dibawa ke sebuah altar, kemudian sebuah pisau yang berlumuran darah disentuhkan pada kening mereka dan darah itu diseka dengan kain wool yang telah dicelupkan ke dalam susu. Setelah itu kedua orang tersebut diharuskan tertawa.

Kemudian para luperci memotong kulit kambing yang dikorbankan dan dijadikan cambuk. Kemudian mereka berlari dalam dua geromboloan mengelilingi bukit Palatine dan tembok-tembok kuno di Palatine, mencambuki setiap wanita baik yang mengikuti upacara maupun yang mereka temui di jalanan. Para wanita yang menerima cambukan itu dengan senang hati karena menurut mereka cambukan itu dapat menyebabkan atau mengembalikan kesuburannya.

Upacara Lupercalia ini terus berlangsung sampai pada masa pemerintahan Kaisar Constantin Agung (280 – 337 M). Kaisar Romawi ini adalah kaisar pertama pemeluk agama Nasrani. Lewat masuknya agama Nasrani itu dan berbagai jalan yang ditempuhnya, dia memegang peranan penting dalam hal merubah agama yang dikejar-kejar dan diancam sebelumnya menjadi agama yang dominan (bersifat nasional). Pengaruh agama nasrani semakin meluas di kerajaan Romawi dan Dewan gereja memegang peranan penting di bidang politik. Pada tahun 494 M, Dewan Gereja di bawah pimpinan Paus Gelasius I merubah bentuk upacara Lupercalia menjadi perayaan purifikasi (pemurnian/pembersihan diri). Dan pada tahun 496 M, Paus Gelasius I mengubah tanggal perayaan purifikasi yang berasal dari upacara ritual lupercalia dan tanggal 15 Februari menjadi tanggal 14 Februari.

Keempat,

The St. Valentine who is spoken of as the apostle of Rhaetia, and venerated in passau as its first bishop. (Encyclopedia Briatannica, volume XIV, hal. 949).

“St. Valentine yang disebutkan itu adalah seorang utusan dari Rhaetia dan dimuliakan di Passau sebagai uskup yang pertama.”

Kesimpulan dari keempat definisi tersebut adalah Valentine’s day dirayakan untuk mengormati dan mengkultuskan st. Valentine yang dianggap martir yang mati dibunuh pada tanggal 14 Februari 269 M (sumber lain menyebutkan 270 M) dan juga dianggap sebagai seorang utusan dan uskup yang dimuliakan. Pengambilan istilah itu juga dikaitkan dengan Lupercalia, upacara keagamaan orang Romawi Kuno dan juga bahwa burung-burung kawin pada tanggal tersebut.

Nah, saudaraku… Apakah engkau tahu apa itu martir? Martir adalah orang yang dianggap mati sebagai pahlawan karena mempertahankan kepercayaan (agama). Kini engkau tahu agama apa yang dipertahankan olehnya. Wallahul musta’an. Ya ukhti… bagaimana kita bisa turut serta pada hari yang ditetapkan untuk menghormati orang yang mempertahankan agama yang bukan Islam (ini bukan berarti kita dibolehkan untuk menetapkan hari khusus untuk kematian orang-orang yang mempertahankan agama Islam!).

Dan bila dikaitkan dengan upacara Lupercalia, maka ini juga sangat jauh dari syari’at Islam, bahkan penuh dengan kesyirikan yang merusak tauhid. Lihatlah bagaimana upacara tersebut dilaksanakan untuk menyembah dewa-dewa. Padahal tidak ada yang berhak disembah selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Belum lagi keyakinan batil tentang pengaruh cambukan yang dapat menyebabkan atau mengembalikan kesuburan. Padahal tidak ada yang kuasa untuk memberi kesuburan pada seseorang sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya, “Atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa) yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Asy-Syuura [42]: 50)

Ketahuilah saudaraku, tidak ada pilihan lain bagi kita kecuali meninggalkan jauh-jauh kebiasaan turut serta merayakan hari Valentine ini. Apakah kita hendak turut serta pada acara yang ditetapkan oleh Nasrani untuk mengkultuskan sang uskup yang mati sebagai martir? Padahal kita ketahui orang-orang Nasrani tidak akan senang sampai kita mengikuti agama mereka. Maka senanglah mereka ketika kita turut berbaur dalam hari raya mereka. Karena Rasululllah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk kaum tersebut.” (HR. Abu Dawud). Atau… apakah kita hendak mendukung pula upacara Lupercalia yang penuh muatan syirik dan kemaksiatan?Na’udzubillah mindzalik.

Lalu, apakah anda rela jika kasih sayang anda tunjukkan pada hari itu saja? Apakah anda butuh momen-momen untuk menunjukkan kasih sayang? Bukankah berkasih-sayang itu dilakukan setiap saat, bukan hanya pada saat itu saja. Kalau anda punya coklat berlebih lebih baik dikasih ke saya saja, amalan anda tidak akan sia-sia.

Read More

Sabtu, 04 Februari 2012

Kumpulan puisi...Tentang galau karena cinta...


Lagi suntuk...Minggu depan insya Allah akan ada 3 final yang menghadang. Namun jelas jalan hidup ini tidak pernah mudah. Btw, hari ini saya sedang futur. Dan kadang berkibat galau. Nah, dengan sukses kegalauan itu membuatku terinspirasi menulis beberapa puisi...



Ketika cinta tak mampu diungkapkan...
Yang muncul hanyalah kegalauan...
Perasaan kian tak menentu arah...
Membangkitkan kembali setan yang sudah nyerah...

Galau itu dibolehkan...
Asal gak futur karena berlebihan...
Karena itu walau galau jangan lupa baca Qur'an...
Biar gak jatuh ke dalam perangkap yang dibuat oleh syaithan...

Ohh...Menundukkan pandangan...
Bukan berarti mencari koin yang jatuh di jalan...
Tapi berarti menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan...
Emang susah untuk dilaksanakan...
Karena itu teruslah berusaha dalam mengaplikasikan...
Dan juga jangan lupa berdoa agar dimudahkan...
Agar tidak terjadi penyakit isyq yang mampu menggalaukan...
Hidup memang pilihan...
Tapi bukan untuk disia-siakan...

Hati yang berbunga-bunga, namun diliputi kerinduan...
Kerinduan pada hati yang belum bisa kusapa, kerinduan hati yang belum tersampaikan...
Ketika rasa takut datang karena takut terkontaminasi dengan cinta pada seseorang yang sebenarnya tak pantas ku nomorsatukan...
Maka harus aku meniatkan cintaku pada seseorang itu karenaNya, yaitu Ar Rahman...

Aku juga laki-laki...
Yang masih memiliki hati...
Yang punya rasa untuk ingin memiliki...
Aku bukan robot yang tak punya keinginan dan nurani...

Ohh...Aku juga bisa jatuh cinta...
Sepertinya manusia pada umumnya...
Namun aku paham semua akan ada waktunya...
Karena Allah yang Maha Tahu segalanya...

Aku berjalan mengitari waktu...
Namun tak mampu ku bertemu...
Keinginan ini membuatku terpaku...
Keinginan memliki kekasihku...

Namun, ku tetap yakin waktu akan menjawab segalanya...
Mengingat, segalanya sudah ada yang mengaturnya...
Dan kuyakin semuanya pasti akan ada waktunya...
Kuhanya harus bersabar sedikit saja...

Ohh...kumencoba membuka mata yang telah dibuat buta oleh hati...
Kuberada dalam masa mencari cinta sejati...
Bukan sekedar mencari kekasih hati...
Karena kutahu hanya cinta Rabbku lah yang pasti...

Ku berada dalam ruang lingkup keraguan...
dalam waktu perkembangan...
Dari manusia yang berada dalam masa kekanak-kanakan...
Menuju proses pendewasaan...

Namun ku tak ingin menjadi seperti mereka yang larut dalam kenistaan...
Dipenuhi dengan hidup yang hanya bersenang-senang dan kehedonismean...
Aku tahu Rabbku tak suka aku menjadi orang yang hidup dalam kemaksiatan...
Karena itu ku selalu mencari kebenaran...

Hati yang terdalam...
Tempatku untuk memendam...
Perasaan yang mungkin saja singgah pada setiap anak cucu Adam...
Namun ku yakin menyimpan perasaan, bukanlah hal yang haram...

Karena itu ku tak pernah merasa bersalah...
Walau kuharus biarkan diriku terhanyut dalam masalah...
Masalah dalam mengontrol hati yang jelas tak mudah...
Namun solusinya tetap kuserahkan pada Allah...

Biarkan hati ini tetap mencoba merasakan apa yang diinginkannya...
Bebaskanlah hati ini, karena itu sudah haknya...
Namun janganlah lupa, semua ada batasnya...
Ingatlah bahwa yang terpenting adalah cinta kepadaNya...

Segini sajalah...Otakku sudah berhenti bekerja. Saatnya kembali belajar.

Read More

Rabu, 01 Februari 2012

Mengapa saya menulis?

Bismillahirrahmanirrahim

Awalnya, saya berpikir bahwa ini adalah hal yang aneh untuk ditanyakan. Karena setiap orang jelas menulis karena mereka suka hal tersebut. Anyway, saya coba mengubah arah pertanyaan tersebut ke arah yang sudut pandang yang lain. Mungkin yang dimaksud adalah latar belakang menulis, sebab-sebab yang mendorong dan memotivasi untuk menulis, dan mengapa dengan menulis.

Latar Belakang Menulis
Ada yang tahu bang Raditya Dika? Well, bisa dibilang dialah dalang dari kebiasaan dan kesukaanku menulis di blog. Tapi, sebenarnya progres metamorfosisnya dari kebiasaan menulis status di friendster atau facebook. Akhirnya, karena keseringan nulis dalam bentuk status, akhirnya ada kawan yang menyarankan saya untuk menulis di blog. Saya juga terinspirasi dari guru-guru saya dalam bidang agama, yakni Ustadz Aris, Muhammad Abduh Tuasikal, dll.

Sebab-Sebab Menulis
Saya sempat berpikir, bahwa sebenarnya sebab-sebab saya berpikir adalah apa yang ada pada bagian Latar Belakang. Tapi kalau flash back lagi ke zaman SD, SMP, SMA, saya punya sebuah kebiasaan yang tidak dipunyai oleh kebanyakan orang, yaitu membaca. Begitu banyak sekali bacaan-bacaan Islam yang saya baca pada waktu itu. Sampai sekarang, saya masih suka membaca. Kalau anda memanggil saya ke suatu tempat, mungkin anda akan menemukan saya membawa buku, atau selalu terpaku pada Iphone. Kalau menggunakan Iphone, kemungkinannya ada 2, bisa jadi saya melakukannya karena saya main game, bisa jadi juga karena sedang baca. Nah, ketika kita banyak membaca, kita kadang bingung, apakah hal yang kita baca hanya akan jadi sia-sia? Nah, jawabannya adalah dengan menyalurkannya. Apalagi untuk ilmu agama, adalah kewajiban untuk menyampaikan bagi yang sudah tahu. Demi kepentingan maslahat kaum muslimin.

Kalau sebabnya karena ingin menyampaikan, mengapa harus dengan tulisan?
Karena keterbatasan saya dalam menggunakan lisan. Terus terang, saya tidak terlalu cakap dalam berbicara, atau mengolah kata-kata menjadi ucapan. Karena itu, saya ingin memecahkan barier antara diri saya dan ilmu saya, yakni dengan menggunakan tulisan untuk bisa menyalurkan apa yang kita ketahui. Dulu, saya suka banget curhat sama orang, nggak lewat chat, atau malah lewat bicara langsung. Setelah kupikir-pikir lagi, ahh, aku menghabiskan waktu orang untuk mendengarkan cerita. Well, dengan begitu saya akhirnya memutuskan untuk menulisnya di blog. Dengan begitu, saya tidak perlu merepotkan orang-orang untuk mendengarkan curhatku kayak vierra yang mesti buat lagu. Ada satu lagi hal yang membuat saya suka menggunakan blog ketimbang notes di facebook. Dengan menggunakan blog, orang bisa mendapatkan tulisan kita di google. Kalau notes? Saya gak suka membuka notes saya menjadi public, entah kenapa, mungkin salah satu sebabnya adalah banyak teman facebook saya yang berasal dari luar Indonesia, sedangkan tulisan saya tidak ada manfaatnya bagi mereka, hanya memenuhi home mereka saja.

Perjuanganku masih panjang, aku masih harus banyak belajar, hidupku masih panjang, masih banyak cerita dalam hidupku terutama pengalamanku di negeri yang penuh tantangan ini, negeri Jepang. Karena itu saya memohon kepada Allah agar diberikan keistiqamahan, dan juga kepada para pembaca agar senantiasa mendukung saya untuk membuat tulisan - tulisan bermanfaat, jika tidak mampu menulis setidaknya mengcopas dari sumber-sumber yang terpercaya. Semoga tulisan ini bisa menginspirasikan.

Read More
Diberdayakan oleh Blogger.