Sabtu, 19 Januari 2013

Pertemuan denganmu bagaikan salju di malam jum'at kemarin

Pertemuan denganmu bagaikan salju di malam jum'at kemarin. Judulnya seperti ini, karena malam jum'at kemarin tiba-tiba saja salju mengguyur Fukuoka, tempatku tinggal saat ini, yang sebelumnya tidak pernah kusaksikan terjadi hujan salju selebat ini dalam hidupku. Begitu sebentar namun begitu bermakna. Mungkin ini yang ingin sampaikan kepada beberapa orang yang pernah kutemui dalam hidup. Karena pertemuan dengan yang begitu singkat mampu mengubahku menjadi lebih baik. Mungkin benar sebuah perkataan yang pernah kubaca dari seseorang, setiap pertemuan dengan seseorang adalah pelajaran, disaat yang lain adalah datang membawa rahmat. Disaat seseorang datang untuk mengajarkanmu tentang kebaikan, maka kemungkinan disaat yang lain datang juga orang yang memberikan kita cobaan, untuk bersabar dan mengaplikasikan kebaikan tersebut. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kehendak Allah.

Tentu tidak mudah bagi kita untuk menjadikan setiap kejadian yang terjadi disekitar kita sebagai pelajaran. Tapi, kita harus terus berusaha berpikir positif pada Allah, walau kadang terseret pada kondisi yang menyimpang dari yang seharusnya. Tentu, kita semua sadar bahwa tidak semua orang terlahir dalam keadaan sabar. Tapi, tetap saja kita tetap harus belajar untuk menjadi sabar. Bukankah begitu banyak hadiah yang telah disiapkan untuk orang-orang bersabar.

Ketimbang berpikir tentang yang buruk, mungkin lebih baik kalau kita membicarakan yang baik. Tentu, tidak selamanya kita terlahir menjadi orang yang baik. Akuilah, bahwa di dalam diri kita juga terdapat banyak keburukan. Tapi, setelah bertemu berbagai macam orang di muka bumi, lambat laun kita berusaha untuk memperbaiki diri. Tak bisa dipungkiri jika kita masih memiliki sifat buruk, yah namanya juga manusia. Namun, karena itulah kita terus berusaha untuk bertaubat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam“Setiap anak Adam pasti sering melakukan dosa dan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah orang yang rajin bertaubat”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, hasan). 

Di dalam surah Asy-syams  Allah bersumpah dengan menggunakan 11 benda yang menandakannya pentingnya pemberitahuan setelah sumpah tersebut, seperti halnya pada surah-surah lain seperti al-ashr, al buruuj, at thariq, dll. Dan diakhir sumpah itu, Allah mengakhirinya dengan 3 ayat, "maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." Menggambarkan pentingnya membersihkan jiwa.
Karena itulah, tidak hanya terkesan pada pertemuan singkat dengan orang lain yang membuat kita untuk belajar dengan kebaikan dan keburukan disekitar kita, kita juga harus membentuk diri kita agar pertemuan kita dengan orang lain yang singkat terasa begitu bermakna. Dan kita juga terus berusaha untuk menyucikan jiwa kita. Agar kita menjadi orang yang menghadap dengan qalbun salim, hati yang bersih dari kesyirikan dan kemaksiatan lainnya.

Wa billahi taufiq wal hidayah

Manusia kadang seperti salju, datang menyenangkan hati sebagian manusia...
Disisi yang lain membuat orang yang kedinginan menderita...
Namun akan selalu membuat hati ceria...
Hati orang-orang yang bersabar untuk menikmati sejuk dan indahnya...
About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

4 comments:

Niken Kusumowardhani mengatakan...

Semoga kita selalu bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang kita ada. Muhasabah diri agar selalu bersyukur atas segala nikmat Allah,sekecil apapun itu.

farid maricar mengatakan...

Aamiin..Insya Allah...

haps dw mengatakan...

Nyasar di blog ini :-D
"Manusia kadang seperti salju" «« baru dengar kata2 ini.. Tapi membaca terusannya, "...datang menyenangkan hati sebagian manusia...Disisi yang lain membuat orang yang kedinginan menderita.." membuat say berpikir, benar juga yah. Mungkin lain kali saya akan meminjam istilaah ini :-)

farid maricar mengatakan...

Silahkan :)

Diberdayakan oleh Blogger.