Jumat, 12 Desember 2014

Ketika Memilih Dosen Pembimbing...(Tipe-Tipe Dosen)

Masuk golongan apakah anda? Sanguin? Koleris? Melankolis? Pleghmatis? Apakah anda sedang menyusun tugas akhir?

Jika anda termasuk golongan pleghmatis atau sanguinis, ada baiknya jika anda mencari dosen pembimbing yang bertipe dominan melankolis. Karena dosen bertipe melankolis, khususnya yang berpengalaman, biasanya paling tahu bagaimana cara memperlakukan anak didiknya. Dia tahu yang mana yang harus dikerasi dan yang mana yang harus diberikan motivasi. Dia tahu apa yang paling pantas untuk si A dan si B. Mereka kreatif dalam menyelesaikan masalah, mereka bahkan akan memahami masalah sebelum masalah itu muncul. Karenanya, mereka tipe pendidik terbaik menurut saya.

Bagaimana cara mendeteksi tipe2 tersebut? Untuk petunjuknya mungkin bisa dibaca disini http://muslimafiyah.com/benang-merah-syariat-dan-empat-sifat-dasar-melankolis-koleris-sanguin-dan-plegmatis.html

Untuk menganalisa mereka dalam tiap pertemuan dalam kelas itu penting, jadi anda harus perhatikan dia ketika mengajar, karena untuk bisa membaca sifat mereka, anda perlu memperhatikan caranya berpakaian, caranya mengajarnya, caranya berbicara, bahkan kalau bisa, add facebooknya sekalian, karena kita bisa mengenali sifat orang dari facebooknya.  

Misalnya dosen melankolis, beliau cenderung rapi, mengajar dengan pakaian lengkap, perfeksionis, biasanya dia tidak akan langsung marah jika melihat sesuatu yang tidak disukai, tapi disimpan dihati, dan semua perasaannya kepada anda akan terlihat melalui nilai anda, dan mengajar sampai benar2 yakin kalau muridnya mengerti, dll. 

Dosen koleris, mereka cenderung gampang marah, perfeksionis, dan suka mengeluarkan aturan yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan materi kuliah. Biasanya dosen-dosen ini diberi gelar 'dosen killer' oleh para mahasiswanya. Dosen yang satu ini ekspektasinya tinggi, tapi tidak memberikan perhatian lebih kepada muridnya.

Dosen sanguin, biasanya super cuek. Pernah ada dosen yang saya duga sanguin, pada saat sedang mengajar ada murid yang tidur terlentang sampai ngorok keras sekali, apalagi murid di kelas waktu itu cuma 15, dan beliau berbalik dan hanya tertawa kecil. Kalau mengajar, tidak mengajar sampai yakin muridnya paham, yang penting dia sudah mengajar dengan baik (menurut pemahamannya). Penampilan juga ala kadarnya, dan cenderung 'baik' dalam memberi nilai. 

Kalau dosen pleghmatis...hmmm...agak susah menggambarkannya, soalnya mereka misterius. Tapi dari tampang bisa dikenali, dan mereka cenderung anti sama konflik. Kalau memberi nasehat bijak sekali, tapi nggak bakal ngasih nasehat sampai diminta. Mereka juga senang dapat masukan dari muridnya. Jauh berbeda sama koleris yang cenderung menyalahkan muridnya jika beda pendapat.

Mmm, mungkin segitu aja. Tulisan ini bisa benar, bisa juga salah, karena tiap orang berbeda, begitu juga dengan kecenderungan sifat mereka. Hanya saja, jika melihat kencenderungan sifat diatas pada dosen anda, maka pilihlah yang melankolis. Teori ini juga hanya berdasar pada pengalaman pribadi dan baca sebuah buku, bukan karena fokus ilmu.

Ditulis sebagai iseng-iseng, ketika sedang nungguin bus setelah berbelanja huhuhu...
About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

2 comments:

mymind mengatakan...

saya minta mengcopi artikel ini gan, menurut saya cukup bagus

farid maricar mengatakan...

Silahkan, terima kasih

Diberdayakan oleh Blogger.