Kamis, 12 November 2015

Belajar Islam

Beberapa tahun yang lalu, pertama kalinya saya mengenal salafi. Sejak saat itu, saya sering memposting hadits, dll. Entah mengapa saat ini saya jadi merasa bersalah, karena kadang masih kurang bijak dalam menyampaikan. Misalnya memberikan hadits-hadits yang justru membuat orang semakin benci untuk belajar agama, karena orang-orang akan menganggap belajar agama itu membuat seseorang menjadi keras.
Satu hal yang tidak saya sukai waktu itu adalah ketika orang mulai menyematkan gelar-gelar seperti 'ustadz'. Padahal kan saya sendiri tahu bahwa saya hanya copy paste. Sakit, sakitnya tuh disini (sambil nunjuk hati). Karenanya, saya mau berbagi tips untuk mencari ilmu Islam, daripada orang nanya ke saya padahal saya juga belum berilmu, karena hanya berlandaskan pada ilmu copas.
Pertama, ikhlaskan niat untuk mencari kebenaran, dan tidak menggunakan hawa nafsu dalam berfikir. Betapa banyak orang yang diberikan peringatan namun tidak mendapatkan manfaat karena masih menggunakan hawa nafsunya dalam berpikir.
Kedua, gunakanlah http://yufid.com/ sebagai media untuk mencari ilmu islam, baik yang berupa hadits-hadits, ilmu fiqh, dll. Tinggal ketik kata kunci, maka akan muncul berbagai macam link, dan insya Allah sumbernya sudah diseleksi oleh tim yufid.com. Kenapa mesti di yufid? Karena pada link-link yang anda dapatkan di google ditulis bebas oleh orang-orang, termasuk yang tidak menyertakan sumber dalam menulis, jadinya kita tidak tahu, apakah yang dia tulis itu dari seorang ustadz, ulama, hadits, qur'an, atau pemikirannya sendiri. Berbeda dengan link-link pada yufid yang menyertakan catatan kaki pada setiap tulisannya (selama ini saya belum nemu tulisan yang nggak pakai catatan kaki). Disana juga anda bisa mencari berbagai macam rekaman kajian (dalam bentuk video/audio).
Ketiga, jangan percaya pada orang yang berkata 'Jangan belajar ilmu dari internet', karena sesungguhnya belajar dari internet TIDAK SEPENUHNYA SALAH, yang penting kita harus tahu mengambil sumber darimana. Toh orang-orang yang mencari ilmu dunia pun akan mencari artikel-artikel yang mereka butuhkan dari google, sedangkan beberapa yang lainnya mencari dari sumber paper/jurnalnya langsung.
Keempat, mulailah dari belajar hal-hal yang dasar. Begitu banyak orang diluar sana yang begitu sombong dan memaksakan diri untuk membahas ilmu yang berat, padahal diluar kapasitasnya. Jika memang tidak tahu akan sesuatu hal lebih baik diam walaupun ditanya. <=yang ini ngena banget ke saya nih.
Kelima, jangan biarkan syaithan bersenang-senang diatas kerendahan ilmu agama kita (bahkan untuk ilmu dasar yang wajib kita ketahui). Pergaulan di dunia semakin meluas dan mampu merusak pemahaman kita tanpa kita sadari.
Keenam, senantiasa berdo'a kepada Allah agar diberikan petunjuk dan pemahaman yang lurus.
Semoga bermanfaat. Bagi yang ingin menambahkan, atau ingin mengkritik, saya persilahkan. Semoga Allah memberikan petunjukNya kepada kita semua.
*repost dari postingan tahun lalu* *diposting kembali ke notes supaya tidak tertimbun*
About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

Diberdayakan oleh Blogger.