Kamis, 26 Maret 2015

Penantian Panjang Nabi Yaqub

Nabi Yaqub mengalami cobaan berat dalam hidupnya. Beliau telah menyaksikan kesalehan putranya, Yusuf, ketika dia masih kecil. Dalam salah satu mimpinya, Yusuf mengaku melihat ada 11 bintang, matahari, dan bulan, bersujud kepadanya. Sejak itu Nabi Yaqub memberikan perhatian khusus kepada Yusuf. 

Perhatian khusus tersebut disalah-pahami oleh saudara-saudara Yusuf (saudara seayah, tapi berbeda ibu). Mereka merasa Nabi Yaqub telah bersikap pilih-kasih, tidak adil, dan lebih mementingkan Yusuf dan adiknya, Bunyamin. Bahkan mereka menuduh, Nabi Yaqub telah salah jalan.

"Mereka berkata: "Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita daripada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata." (Yusuf: 8)

Kata-kata "la fi dhalalin mubin" ni biasanya ditujukan untuk orang-orang kafir, orang musyrik, atau orang durhaka. Tetapi ia oleh saudara-saudara Yusuf ditujukan pada ayahnya, Nabi Yaub. Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Saudara-saudara Yusuf lalu melakukan konspirasi untuk memisahkan Yusuf dari ayahnya, supaya mereka mendapatkan perhatian lebih besar dari ayahnya. Dan mereka berjanji, kalau Yusuf sudah tidak ada lagi di tengah keluarga; mereka akan menjadi orang yang shaleh. Hal itu mereka katakan pada kalimat "Wa takunu min ba'dihi qauman shalihin" (agar kalian setelah itu menjad kaum yang shaleh). (Yusuf: 9)

Logika seperti ini diikut para koruptor dan penjahat anggaran negara. Mereka mula-mula melakukan korupsi. Kalau berhasil, mereka berjanji melakukan ibadah Haji, menyantuni anak yatim, membantu pesantren, membantu fakir-miskin, dll. Bahkan mereka punya rumus, setelah melakukan korupsi, segera menjalankan Umrah atau Haji; karena keutamaan dari amal itu bisa menghapuskan dosa-dosa seluruhnya. Tentu saja rumus demikian tidak benar, karena Islam tidak mengajarkan melakukan amal saleh dengan cara yang salah.

Setelah bersandiwara sedemikian rupa, akhirnya mereka berhasil memisahkan Yusuf dari ayah dan seluruh keluarga. Sejak itu Yusuf hidup terasing tidak karuan kemana rimbanya. Tentu saja peristiwa itu membuat Nabi Yaqub sangat bersedih. Bertahun-tahun lamanya beliau menangis, sehingga matanya menjadi buta (lihat Yusuf: 84)

Yakub berkata: "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya." (Yusuf: 86)

Sikap sayang Nabi Yaqub kepada Yusuf tidaklah semata-mata karena faktor biologis atau fisik; tetapi lebih karena kesalehan putranya. Sama seperti kakeknya Ibrahim, beliau mencintai putranya karena ingin mewariskan nilai-nilai kesalehan kepadanya. Nabi Yaqub melihat potensi kesalehan besar dalam diri Yusuf. 

Di sini kita bisa berandai-andai. Misalnya ada sebuah keluarga kehilangan anaknya, apa yang mereka rasakan? Pastilah mereka akan berduka-cita, sampai anak itu ditemukan atau kembali. Lalu bagaimana kalau mereka kehilangan seorang anak yang paling saleh dalam keluarganya? Pasti kesedihannya lebih besar lagi. Bagaimana pula kalau hilangnya anak saleh itu karena kesalahan saudara-saudaranya sendiri? Tentu sedihnya lebih perih lagi.

Namun Nabi Yaqub tidak berputus asa. Meskipun Yusuf sudah lama hilang, beliau terus mengusahakan berbagai cara untuk menemukannya kembali. Beliau berpesan kepada putra-putranya (yang pernah berkonspirasi untuk menyingkirkan Yusuf):

"Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (Yusuf: 87)

Sikap ketegaran Nabi Yaqub ini sangat layak kita ambil sebagai hikmah. Dalam situasi sesulit aapun, beliau tidak patah semangat atau putus harapan. Beliau terus mencoba dan mencoba. Bahkan kesadaran beliau adalah bentuk dari usaha itu sendiri. Dalam kesedihannya, beliau selalu berdoa kepada Allah berharap kebaikan kepadaNya. 

"Kesabaran itu indah. Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semuanya kepadaku; sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana". (Yusuf: 83)

Buah dari kesabaran ini, Nabi Yaqub akhirnya bertemu dengan Yusuf, Bunyamin, dan semua anak dan keluarganya. Allah benar-benar mengabulkan doanya. Mereka berkumpul menjadi satu dan mendapat terhormat di mata penguasa Mesir.

Bahkan saat kafilah yang membawa baju gamis milik Yusuf baru keluar dari Mesir, Nabi Yaqub bisa mencium aroma khas putranya itu. Setelah gamis Yusuf sampai di hadapannya, diusapkan ke wajahnya sehingga penglihatan matanya kembali. Dengan bijak sana beliau menyangkal tuduhan-tuduhan buruk yang selalu mereka tujukan kepada dirinya. 

Berkata Yakub: "Tidakkah aku katakan kepadamu, bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya". (Yusuf: 96)

Hikmah menarik, bahwa Nabi Yaqub memiliki nama lain, Israil. Bani Israil dan Kaum Yahudi dinasabkan kepada beliau. Nenek moyang Ban Israil ternyata memiliki sifat luhur, saleh, penuh kesabaran. Cara demikian beliau tempuh untuk menghadapi anak-anaknya yang mendengki, melakukan konspirasi, berbohong, keras hati, dan sebagainya. Lewat sikapnya ini, seolah Nabi Yaqub ingin mengajari kaum muslimin cara terbaik menghadapi konspirasi kaum Yahudi, yaitu dengan kesabaran, istiqamah, dan memohon pertolongan Allah.

Diketik ulang dari buku 'The Power of Optimism' ditulis oleh AM. Waskito Hal. 272-276

Read More

Rabu, 18 Maret 2015

Jadwal bus Showa Kyudai Gakkentoshi-Ito Campus



Sebelah kanan adalah dari Kyudai Gakkentoshi=>Kampus, dan sebelah kiri adalah sebaliknya.


Untuk pembahasan kanjinya, mudah-mudahan ada teman yang mau membantu menerjemahkan (Insya Allah menyusul nanti). Adapun Kyudai Kougakubu mae, terletak pada kolom ke-7 dari kiri pada kolom yang kanan. Jadwal ini adalah dari hari senin-jum'at. Kalau membutuhkan  jadwal hari libur, silahkan tekan tombol yang ada di bagian bawah paling kiri, pada kolom kedua.


Semoga bermanfaat
Read More

HEATER and AIRCON KANJI!

Assalamu'alaikum

Salah satu masalah yang sering menjadi problem bagi kami yang tidak paham kanji, apalagi bagi kami yang baru datang namun belum pernah belajar bahasa Jepang sama sekali, adalah perihal masalah AC, jadi mungkin jika ada yang perlu dengan kanji-kanji pada pemanas/AC di dalam ruangan, mungkin bisa disesuaikan dengan daftar berikut.

自動: Automatic mode. Also common on toilets etc.
ドライ:(dry) A cool breeze
冷房: (reibou)Airconditioner in the traditional sense. Cold air comes out.
暖房: (danbou) Heats the room
送風: (soufuu) Just the fan
For the fan settings:
– 強:Strong
–弱:Weak
–微: Light breeze
運転 or 入= On
停止 – Off (also 切)
運転切替 – Change operating mode
運転切換 – Operating modes
暖房 – Warm (heater) mode
冷房 -Cooler mode
除湿 – De-humidify
送風 – (Fan) blower mode
風向 – Direction of air flow
風量 – Fan speed
温度 – Temperature
空気清浄 – Clean air in room(or 空清)
換気- Ventilation mode
気流- Bring in external air
タイマー Timer
取り消し – Cancel

Read More

Tentang Halal Food di Fukuoka, Japan

Informasi makanan halal adalah sebuah hal yang cukup penting untuk kita ketahui sebelum melakukan perjalanan ke sebuah negeri, khususnya negeri minoritas muslim. Karenanya saya ingin berbagi beberapa informasi terkait dengan makanan halal yang ada di kota tepat kami tinggal, Fukuoka, Jepang.

Ada banyak hal yang harus kita mengerti terkait makanan halal. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih salah persepsi mengenai makanan halal. Misalnya ada beberapa muslim yang masih memegang prinsip ABB (Asal Bukan Babi), yaitu mereka yang masih mengkonsumsi ayam/sapi yang ada di restoran pada umumnya. Padahal hal tersebut bertentangan dengan dalil, “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala….”. (QS. Al-Ma’idah: 3) Mengapa? Karena sebagian besar daging yang ada di sini disembelih tidak dengan menyebut nama Allah.

Ada banyak cara untuk mengatasi kesulitan mencari makanan Halal di sini, dan semuanya ditentukan dengan tingkat pengetahuan kita. Mulai dari pengetahuan Islam, maupun pengetahuan bahasa Jepang. Karena setiap orang memiliki itjihad masing-masing di dalam memilih makanan. Semua itjihad saya jadikan sebagai acuan, selama ada usaha dalam mencari tahu dengan ilmunya.

Terus, bagaimana sih cara yang terbaik untuk mendapatkan makanan Halal di Fukuoka, atau Jepang pada umumnya? 

Cara pertama adalah dengan mencocokkan makanan yang ingin anda beli dengan daftar yang tertera pada tabel di bawah. Tabel di bawah berisi daftar bahan-bahan makanan yang mungkin mengandung hal yang diharamkan dalam Islam. Untuk yang mau lebih yakin lagi, bisa menelpon langsung costumer servicenya.
























Cara Kedua adalah dengan membelinya dari restauran yang ada di bawah ini, atau dengan memasak sendiri yang bahan-bahannya bisa ditemukan dari Halal Shop yang ada di bawah ini. List yang saya sampaikan di bawah ini adalah list yang sudah disertifikasi oleh Fukuoka Masjid Halal Food Council. Selain itu, ada juga beberapa bahan makanan halal yang tersedia di International Corner dari sebuah Supermarket bernama 'Gyomu supa', seperti yang bisa anda lihat pada gambar di bawah. Selain itu, ada juga sebuah toko bernama 'Kaldi Farm' yang tersebar di berbagai supermarket 'Aeon'. Toko tersebut menyediakan makanan impor dari berbagai negara termasuk Indonesia. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan mentah yang halal yang dijual di supermarket-supermarket.


Halal shop

Azhar halal shop
Address : Fukuoka-shi, Higashi-ku, Hakozaki 3-36-31-107
 092-651-4303
Open : Every day except Wednesday from 1–7 p.m.
Website : www.azhar.jp

BARAKAH HALAL FOOD SERVICES
(Granted Lowest Prices)ADDRESS:
〒813-0044, FUKUOKASHI, HIGASHI KU, CHIHAYA 1-36-2-101
Google Map Link:http://www.gosur.com/en/point/4471558/
Very near from Shirohama Danchi and Najima Danchi
(Less than 500 meters)
FACE BOOK:  Barakah Halal Food
WEB: Under construction
E-MAIL: barakahshop1@gmail.com
PHONE: 080-3983-6590(SB); 090-1368-2919(au);
090-6291-1971(au, Sisters only)

Ito Halal Shop
Next to the Udon shop and the bike shop (200m before Ito campus entrance)
Motohama 1-27-3 Nishi ku
Working hours: 11:30-17:00 weekdays and Saturday.
Mobile : 090-4484-4020 SB / 080- 2736-8711 au

Marhaba Halal Food Shop
Fukuoka shi, Higashi ku, Hakomatsu 3-10-13-3
Open: Everyday from 11:00 to 22:00
Saturday, Sunday from 15:00 to 22:00
Contact: 080 3224 9864

Halal restaurant

Habibi Restaurant

Indian Pakistani cuisine
(Previously known as Nabi san restaurant)
Address: Fukuoka city, Higashi ku, Hakozaki 6 chome 11-37 Heights K&R 1F
Open 7 days a week: (Lunch: 11:00 AM – 3:00 PM) (Dinner: 5:00 PM – 10:00 PM)
Contact info: Malik (090-7986-9112) (090-9409-9112)

Marhaba Halal Restaurant

Fukuoka shi, Higashi ku, Hakomatsu 3-10-13-3
Open: Everyday from 11:00 to 22:00
Saturday, Sunday from 15:00 to 22:00
Contact: 080 3224 9864
Contact info: Anwar Jamal Khan (080-3224-9864)

Mr. Kebab

Aeon mall (kashihama), 2nd floor.

Kebabooz, Sudane cuisine

Website : www.kebabooz.com

Online Halal shop service:

This service available for you as you can make order and pay ‘Cash-on-Delivery’

www.nabisan.com ,
http://japanhalalfoods.com/default.asp ,
http://mall.azhar.jp/oc/ ,
http://www.tonmoygrocery.com/ ,
http://www.al-falah.biz/pages/index.php
http://siswahyu.com/

Cara Ketiga untuk yang merasa ilmunya masih terbatas, mungkin bisa bergantung pada website-website yang ada. Termasuk yang ada pada pages-pages Facebook yang memberikan informasi terkait makanan yang sudah dikonfirmasi kehalalannya. Misalnya yang ada pada link-link berikut
https://www.facebook.com/Halalanjapan/?fref=ts
https://www.facebook.com/Halal-In-Japan-717093451659092/?fref=ts
https://www.facebook.com/halal.jp/?fref=ts
https://www.facebook.com/Halal-Japan-503821533010825/?fref=ts
https://www.facebook.com/halalmediajapan/?fref=ts
https://www.facebook.com/SERIJAYA-INDONESIA-175849819132269/?fref=ts
https://www.facebook.com/HalaalJapan/?fref=ts

Cara Keempat bertanyalah pada sang penjual tentang bahan makanan yang digunakan. Anda bisa perkirakan kira-kira bahan apa saja yang dimasukkan dalam suatu makanan dari bentuknya kalau yang berkuah kita bisa bertanya tentang kaldu apa saja yang digunakan. Kita bisa bertanya dengan kalimat 'nani ga haitterundesuka?' atau langsung menyebutkan nama bahannya 'buta ga haitterundesuka?' yang artinya 'ada babinya nggak ya?' jadi kalau mau mengecek keberadaan bahan lainnya, tinggal mengganti kata 'buta' dengan bahan-bahan yang tertera di atas.

Jika ada hal yang anda ingin tanyakan terkait makanan Halal di Fukuoka, silahkan tanya kepada kami, atau menghubungi komunitas-komunitas muslim terdekat.

Semoga Allah memudahkan kita untuk mendapatkan makanan halal, dan menjaga diri-diri kita dari makanan yang diharamkanNya ataupun yang syubhat. Wallahul musta'an

*sumber:
http://www.fukuokamasjid.org/halal-shop-and-restaurant/
http://kmi-s.ppisendai.org/halal-haram/

Read More
Diberdayakan oleh Blogger.