Senin, 04 Januari 2016

Catatan Dauroh part 2 - Rumah Tangga Idaman

Bismillahirrahmanirrahim
Rumah tangga idaman, tidak hanya diinginkan oleh para mukmin, tapi juga oleh orang-orang kafir. Islam mengajarkan adab-adab antara orang tua dan anak, suami dan istri, dsbnya untuk menciptakan rumah tangga idaman. Rumah tangga idaman ini tujuannya agar bisa menciptakan kondisi agar ketenangan di dalam hati. Rumah tangga idaman tidak akan tercipta kecuali dengan pernikahan yang sah.
Hadits yang memotivasi para pemuda untuk segera menikah
Rasulullah bersabda, “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi )
Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah mampu untuk menikah, maka segeralah menikah, karena nikah akan lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kehormatan.” (Muttafaqun alaihi)
Proses pencarian
Di dalam proses pencarian kita harus mengutamakan yang shalihah agar memperoleh keuntungan dunia dan akhirat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi” (HR Bukhari dan Muslim).
Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemuiNya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman." (Al-Baqarah: 223)
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridho agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dengannya, jika kamu tidak menerimanya, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas.” (HR. Tirmidzi, hasan)
Allah berfirman: “Dan istri-istri kalian telah mengambil dari kalian suatu perjanjian yang kuat.” (QS. An-Nisaa': 21)
Pernikahan adalah tanggung jawab, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat. “Kalian semua adalah pemimpin dan seluruh kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin. Penguasa adalah pemimpin dan seorang laki-laki adalah pemimpin, wanita juga adalah pemimpin atas rumah dan anak suaminya. Sehingga seluruh kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin.”(Muttafaqun alaihi). Karenanya perlu diingat bahwa pernikahan yang idaman, tidak hanya kekal di dunia tapi juga sampai di akhirat.
Jangan harapkan untuk mendapatkan diri dengan pasangan dalam sama-sama bagus, tetapi yang dibutuhkan adalah harmonisasi dan saling pengertian dari tiap-tiap personal. Karenanya, prioritaskan wanita yang sudah shalehah.
Poin - poin penting yang perlu diperhatikan di dalam membuat sebuah rumah tangga idaman :
  • Istri yang taat akan membuka pintu menuju surga, “Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad )
  • Seorang istri tidak boleh mengizinkan orang lain masuk ke rumah tanpa izin dari suami. Karenanya, suami harus terbuka dalam mengungkapkan ketidak sukaannya pada jenis-jenis tamu yang tak disukainya. Begitu juga hal-hal lainnya.
  • Berilmu bagi keduanya, supaya mampu mengerjakan amalan shaleh.
  • Sebagai istri, hendaklah mengikuti suami dalam hal yang berbau maksiat
  • Wanita tidak boleh menghalangi laki-laki dari kemauan(berhubungan biologis).
  • Istri tidak boleh mengeluarkan harta suami, kecuali dengan izin suami.
  • Baik suami maupun istri harus saling menjaga penampilan, agar saling senang ketika melihat
  • Tidak boleh memukul wajah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bila seorang di antara kalian memukul, jauhilah muka. (HR. Abu Dawud)
  • Seorang suami harus bisa memberi nasehat kepada istri
  • Jika ada masalah yang sulit jika hanya diselesaikan berdua, maka boleh meminta orang lain untuk membantu menyelesaikan masalah
  • Seorang suami harus bisa menjadi orang yang senang berbasa-basi
  • Sang suami harus mampu memiliki kepekaan terhadap sang istri
  • Dilarang menceritakan masalah ranjang kepada orang lain
  • Harus bisa berpandai-pandai untuk saling berkomunikasi
Semoga Allah memudahkan kita semua untuk membuat sebuah rumah tangga idaman, yang akan kekal hingga akhirat kelak

About Muhammad Farid Maricar

Saya adalah seorang Muslim, seorang anak, seorang mahasiswa S-2, seorang warga negara Indonesia, yang sedang merantau di negeri Anime

You Might Also Like

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.